Oleh: selendang | Agustus 23, 2010

5 Kebiasaan yang membuat Anda lebih bahagia.

Apa yang benar-benar bisa membuat Anda tersenyum saat ini? Memenangkan sebuah undian atau mendapatkan pekerjaan impian? Sebenarnya tidak hanya hal-hal besar saja yang bisa meningkatkan mood dan membuat Anda tersenyum bahagia.Studi menunjukkan bahwa sesuatu yang sederhana seperti mematikan TV atau saling berbagi dengan orang lain juga dapat meningkatkan kebahagiaan Anda. Lima cara sederhana berikut bisa Anda praktekan untuk membuat perasaan Anda menjadi lebih bahagia.

 
1. Hangout dengan Orang-orang Bahagia
Percayakah Anda, hanya dengan berada di dekat orang-orang yang positif sudah cukup untuk membuat Anda tersenyum? Menurut penelitian di Universitas California, San Diego, memiliki teman dengan suasana hati yang selalu ceria dapat meningkatkan peluang Anda merasa bahagia hingga sebesar 25 persen. Para peneliti menduga bahwa kebahagiaan itu bersifat menular. Orang-orang yang berpandangan positif cenderung menyenangkan bagi semua orang di sekitarnya, dimana mereka dapat membuat orang lain merasa bahagia. Dapatkan senyum kebahagiaan dengan sering-sering berkumpul bersama teman-teman Anda yang paling ceria.2. Abadikan Setiap Momen Kemenangan
Dan simpan moment ini di tempat yang mudah Anda lihat, seperti di kulkas atau meja kantor. Penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Consumer Research menyebutkan, snapshot yang menampilkan Anda dengan senyum lebar ketika mencapai garis finish dalam perlombaan atau berhasil mendaki gunung dapat meningkatkan mood Anda dan memicu Anda untuk berpikir yang berorientasi pada suatu tujuan.

 3. Kurangi Menonton TV
Setelah menganalisis data selama 34 tahun, peneliti dari University of Maryland menemukan bahwa orang-orang yang menilai diri mereka “agak bahagia”, cenderung menonton televisi 10 persen lebih sering ketimbang mereka yang menganggap dirinya “sangat bahagia.” Duduk terpaku pada layar TV mungkin dapat menghibur Anda sementara waktu, namun ini tidak memberikan kepuasan pada Anda dalam jangka panjang. Parahnya lagi, sajian TV juga dapat membatasi kegiatan Anda yang lebih berkualitas, seperti mengikuti kelas yoga.
 

 4. Banyak tertawa
Siapa yang mengira jika lelucon jayus ayah Anda ternyata bisa menyehatkan? Studi menunjukkan bahwa tertawa dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan hormon stres dan meningkatkan endorphin. Entah itu tertawa yang dipaksakan ataupun tawa asli, ternyata tidak menunjukan adanya perbedaan. Keduanya sama-sama bisa membuat Anda merasa lebih baik. Ini dibuktikan oleh Ronel Corbin dari ESPA Internasional, yang menjalankan program terapi tawa di resort One & Only Palmilla di Meksiko. Ia meminta kliennya untuk tertawa ketika mereka sedang duduk dalam kemacetan lalu lintas.5. Memberi, Meski Hanya Sedikit
Sekecil apapun pemberian Anda ternyata bisa sangat berarti dan memberi kebahagiaan, tidak hanya bagi orang yang Anda beri tetapi juga bagi diri Anda sendiri. Lewat sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Science, diketahui orang-orang yang diperintahkan untuk menghabiskan uang sebesar 5 dollar dengan teman mereka atau memberikannya sebagai sumbangan merasa jauh lebih baik di akhir hari mereka, ketimbang mereka yang diminta menggunakan uang tersebut untuk keperluan diri mereka sendiri.

Nah, bertepatan dengan bulan ramadhan, mari lengkapi kebahagiaan Anda dengan saling berbagi. Buatlah orang lain dan diri Anda sendiri tersenyum bahagia.
 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: