Oleh: selendang | Mei 16, 2007

Kredit BNI Griya

sumber  http://www.tabloidapakabar.com/

Kredit BNI Griya
Terobosan Emas untuk Pekerja Migran
ADMIRALTY – Kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Ini menjadi perhatian serius dan alasan utama membludaknya pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. Kita tahu, sebagian besar hasil jerih payah PMI yang dikirim ke kampung adalah untuk membantu kebutuhan keluarga dan mendirikan rumah. Namun, tak sedikit PMI yang akhirnya gigit jari, karena hasil jerih payah mereka ternyata disalahgunakan oleh keluarga atau kerabat.

Untuk mengantisipasi kejadian seperti itu, BNI melakukan terobosan emas dengan menawarkan kredit pemilikan rumah bagi PMI, yang diluncurkan pada Minggu (29/4) di BNI Cab. Hong Kong, Admiralty. Dalam kesemptan itu, General Manager Divisi Kredit Konsumen BNI Diah Sulianto memberikan penjelasan dan apresiasi tinggi kepada PMI. Ia berharap, PMI dapat mewujudkan kehidupan yang lebih layak di kemudian hari. ”Hasil jerih payah PMI bisa terwujud dalam bentuk prasasti untuk jangka panjang seperti rumah atau kendaraan. Bukan dalam bentuk enam koper berisi sandang yang hanya berjangka pendek,” kata Diah.

Menurut General Manager BNI HK, Bramono Dwijatmiko, Hong Kong merupakan tempat pertama yang beroleh penawaran emas ini. Pasalnya, BNI menilai, reputasi para pekerja migran Indonesia di HK tergolong baik. ”Saya sendiri tidak antusias, karena sebagai PMI saya tak bisa mendapatkan fasilitas BNI Griya. Majikan saya memutus kontrak kerja saya tahun depan,” canda bos BNI yang tahun depan memang akan mudik ke tanah air.

Diah menambahkan, untuk bisa memperoleh kredit BNI Griya, persyaratannya sangat simpel. Cukup memiliki pengalaman sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) minimal 2 tahun, telah menjadi nasabah BNI minimal 1 tahun, bukan merupakan PMI bermasalah secara hukum, memiliki rekening tabungan BNI, memiliki legalitas sebagai PMI berupa identitas diri (KTP) yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, paspor dan visa, residence card, employment contract (EC) – kontrak kerja PMI dengan pengguna jasa yang masih berlaku, serta tiga kali angsuran ditahan di rekening tabungan.

Bicara jaminan atau agunan, kata Diah, sertifikat rumah itulah yang akan disimpan di bank sebagai agunan. Sedangkan BNI menjamin konsumen dengan memberikan asuransi terhadap rumah tersebut. ”Misalkan konsumen meninggal sebelum angsuran lunas, tidak ada pembebanan angsuran kepada keluarganya yang lain. Rumah dan sertifikat akan diserahkan kepada pihak keluarga yang berhak mewarisi,” ungkap Diah. Tentu, hal itu tak berlaku dalam kasus PMI yang bunuh diri.

Sedangkan bunga kredit ditetapkan sebesar 15.69%, dengan bunga tetap selama dua tahun. ”Itu bunga yang sangat rendah,” kata Diah. Dan, untuk lebih memudahkan PMI, besarnya angsuran dipatok tidak lebih dari separo gaji PMI. Dalam konteks ini, PMI masih bisa memenuhi kebutuhan yang lain.

Lantas, terkait dengan pengadaan rumahnya, BNI telah bekerjasama dengan perusahaan pengembang (developer) di seluruh Indonesia. Karena itu, kendati dalam selebaran hanya tertulis 12 lokasi yang ditawarkan, namun tidak menutup kemungkinan dibuka di tempat lain, mengingat cabang BNI ada di ratusan kota di Indonesia.

Agar tidak mengecewakan konsumen dan sebagai bentuk perhatian kepada PMI, sebelum rumah-rumah itu ditawarkan ke Hong Kong, BNI sudah mengecek terlebih dulu rumah-rumah tersebut. Antara lain meliputi lokasinya, dekat dengan klinik atau tidak, ada pasar di sekitarnya atau tidak, dll.

Peluncuran BNI Griya untuk PMI dihadiri oleh beberapa organisasi di Hong Kong, perwakilan KJRI, beberapa staf BNI, Dicky Dharjanto dari Garuda, Hermandi dari Aspec, dan media massa. Sambutan PMI – yang diwakili oleh beberapa organisasi – umumnya sangat positif, terbukti dari antusiasme mereka bertanya mengenai prosedur pengajuan kredit rumah tersebut.

Apresiasi yang sama ditunjukkan Bambang, yang mewakili KJRI. Katanya, langkah terobosan BNI akan membantu PMI mengelola penghasilan mereka. ”Banyak PMI yang ingin membeli rumah, tapi tidak tahu caranya. Saat uang dititipkan keluarga untuk membuat rumah, eh, malah ditotoli ayam,” kelakar pria yang gemar menyanyi ini.

So? Menurut Bramono, BNI kini telah resmi membuka pelayanan untuk mendapatkan kredit Griya, di mana konsumen dapat menghubungi customer service di kantor cabang BNI terdekat. Diah menambahkan, BNI akan sangat bangga bila seluruh jerih payah PMI yang diperoleh dari luar negeri dapat diwujudkan menjadi sesuatu yang bernilai di tanah air. ”Untuk itulah BNI ada di sini, mewujudkan cita-cita mulia untuk memberi kebanggaan bagi keluarga dan seluruh bangsa Indonesia,” kata Diah. (WINKA)

About these ads

Responses

  1. Ass.wr.wb. Mbak Endang, hehehhe. salam ukhuwah ya, Mbak boleh kasih masukan dikit ya, untuk mengcopi paste naskah sebaiknya dicantumkan sumbernya yaitu : http://www.tabloidapakabar.com
    terimakasih banget…:)

  2. wa’alaikum slm wr wb

    makasih buat mbak wina dah mau ngingetin nya…habis lupa nih mau nulis sumbernya

  3. Dear Sirs,

    Menunjuk pada pembahasan BNI Griya diatas, mohon kiranya diberikan penjelasan tentang pinjaman ke BNI untuk renovasi rumah / untuk membangun rumah, syarat & kondisi , bagusnya ke Bank BNI atau langsung ke BNI Griya ? terima kasih atas bantuannya.

    Salam,

    Adi

  4. Makasih infonya ttg BNI Griya

  5. Buat mas adi : insya ALLAH nanti akan di jelaskan.

    Buat mbak resi : sama2

  6. kalo proses kredit & bermasalah, yang kena semua pegawai ya, walau itu bukan kesalahannya, cuma karena satu kantor ya bu.

    tragedi 22 februari 2008
    pemblokiran seluruh rekening pegawai bagian proses kredit bni griya

  7. langkah yg diambil BNI emang sangat tepat, krn itu bs mempengaruhi pegawai dan nasabah lain nya.

    sekarang BNI emang hrs lebih hati2 lagi setelah mengalami kejadian itu. dan waktu itu semua no rekening nasabahpun harus diganti.

  8. saya minta info tentang cara mendapatkan kredit kpr melalui Bank BNI.
    syarat-syarat dan besar dana serta bunganya

    Thx’s

  9. insya Allah nanti akan dijelaskan …

  10. @ hendra sanjaya ——-maaf numpang lewat, saya search di google teman saya SMP di Banyuwangi jawa timur bernama hendra sanjaya, jika yang memposting pesan diatas berasal dari kota tersebut mohon bersedia bersilaturahim di dharmawangsa8.blogspot.com
    terima kasih

  11. Kalau pinjaman 60 Juta berapa potongan tiap bulan selang 60 Bulan

  12. saya berencana membeli rumah second, bagaimana caranya agar saya bisa mendapat pinjaman dari BNI griya sehingga pembelian rumah tersebut bisa dibiayai oleh bank dan saya mencicil rumah tersebut dengan jaminan sertifikat rumah tersebut. trims

  13. kapan bunga bni griya turun dari 15% karena terlalu mencekik saya dan membuat saya banting tulang situ yang enak ongkang2 kaki,santai gitu looh

  14. Saya. Pekerja Bank BUMN, gaji bersih 3 juta dan Istri saya PNS gaji bersih 1 juta, pada Juli 2009 mengajukan kredit Griya di BNI Cabang Cirebon sebesar 50 juta jangka waktu 7 tahun untuk membangun rumah RAB kurang lebih Rp.400 juta, agunan SHM rumah yang sedang di bangun NL > Rp.300 juta. Sekitar 1 bulan kemudian ada jabawan bahwa “Pinjaman intinya di Tolak” alasan tidak memenuhi syarat Bank Teknis, yang saya tanyakan Bank Teknis itu seperti apa

  15. mohon di jelaskan syarat pengajuan kredit untuk membangun rumah .saya seorang TKI dengan gaji 5juta/bulan,kira2berapa kredit yang saya dapatkan,angsuran berapa/bulannya?tyerima kasih.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: